Translate

Sabtu, 05 Mei 2012

PRA BPP Model

KERANGKA ACUAN KEGIATAN PRA BPPK MODEL 
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun Kerangka Acuan Pelaksanaan PRA BPP Model dalam rangka Kegiatan Pengembangan BPP Model dan Pos Penyuluhan Desa Kab. Magelang Tahun 2011.
 Kerangka Acuan PRA BPP Model ini merupakan sebuah Pedoman yang digunakan dalam rangka kegiatan BPP Model dan Pos Penyuluhan Desa dan berguna sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan baik dai Kabupaten maupun di Kecamatan.
 Tersusunnya Kerangka Acuan ini berkat bantuan dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Kerangka Acuan ini baik secara langsung ataupun tidak langsung.
 Terakhir, kami mengharapkan semoga Kerangka Acuan ini bisa bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Pendahuluan
Tantangan pembangunan pertanian di Kabupaten Magelang dalam menghadapi era globalisasi adalah kenyataan bahwa pertanian didominasi oleh usaha kecil yang dilaksanakan oleh lebih dari 60% penduduk Kabupaten Magelang berlahan sempit, bermodal kecil dan memiliki produktivitas yang rendah. Kondisi ini memberi dampak yang kurang menguntungkan terhadap persaingan di pasar global. Oleh karena itu, diperlukan usaha khusus pemberdayaan melalui pembangunan sistem penyuluhan pertanian yang mampu membantu petani dan pelaku usaha pertanian lain untuk memperbaiki kehidupan dan penghidupannya serta meningkatkan kesejahteraannya.
Perencanaan yang baik harus bisa memadukan antara aspirasi masyarakat dan program pemerintah. Penggalian aspirasi l harus bisa diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan. Untuk mewujudkan itu diperlukan metode penggalian aspirasi masyarakat yang merupakan perencanaan yang bukan hanya sekedar keinginan masyarakat semata tapi juga harus didukung dengan potensi-potensi yang ada. 
Salah satu metode perencanaan yang menggali aspirasi masyarakat yang berdasarkan potensi wilayah yang dimiliki adalah metode PRA (Partisipatory Rural Appraisal) atau metode perencanaan partisipatif dengan melihat potensi desa secara singkat
selanjutnya download di 4share... bppk salaman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar